Tentang SMP N 1 Margomulyo

SMP Negeri 1 Margomulyo

SMP Negeri 1 Margomulyo

Visi: Mandiri, Cerdas, Bermartabat

Misi

Untuk mencapai visi yang telah dirumuskan dan ditetapkan perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Misi SMP Negeri I Margomulyo :

a.Melengkapi fasilitas vital pembelajaran.
b.Mengembangkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan.
c.Melaksanakan pengembangan kurikulum secara terus – menerus.
d.Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dengan berorientasi pada pendidikan karakter, imtaq, iptek, dan entrepreneurship.
e.Melasanakan pengembangan prestasi siswa baik secara akademik maupun non akademik.
f.Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih dan diikuti sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat serta memberi kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri secara optimal melalui kegiatan mandiri dan atau berkelompok.

Tujuan
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegitan yang memiliki tujuan lebih detil dan lebih jelas. Berikut adalah tujuan yang ingin dicapai oleh SMP Negeri I Margomulyo :

A.Standar isi
i.Guru memiliki kompetensi tentang kurikulum.
ii.Sekolah mampu menyusun dokumen kurikulum secara lengkap.
iii.Sekolah mampu menyusun RPP semua mata pelajaran
iv.Sekolah mampu menyusun kalender pendidikan yang representatif
v.Pada tahun 2014/2015 semua mata pelajaran mampu mencapai KKM minimal 75 atau B+
vi.Pada tahun pelajaran 2014/2015 sekolah dapat mencapai rata-rata Ujian Nasional sekurang-kurangnya 7,50

B.Standar Proses
i.Sekolah mampu menyusun RPP yang dikembangkan berdasarkan 10 komponen perencanaan pembelajaran dan berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan RPP semua mata pelajaran.
ii.Sekolah mampu menyediakan sumber belajar atau bahan ajar mata pelajaran Mulok.
iii.Guru memiliki kompetensi tentang menelaah buku.
iv.Guru memiliki kompetensi tentang pengelolaan buku.
v.Guru memiliki kompetensi dan menerapakan pembelajaran student active learning.
vi.Guru mampu melaksanakan PBM yang sesuai dengan Permendiknas no. 47 Th 2007 tentang model-model pembelajaran yang inovatif dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses menyatakan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaranyang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
vii. Guru mampu melaksanakan penilaian yang bersifat mastery learning dan menganalisis hasilnya untuk memenuhi program tindak lanjut.

C.Standar Kompetensi Lulusan
i.Mampu menciptakan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
ii.Meraih 5 jenis kejuaraan pada peringkat 5 besar tingkat Propinsi pada FLS2N.
iii.Meraih 2 jenis kejuaraan pada peringkat 10 besar tingkat Kabupaten pada OSN.
iv.Meraih 2 jenis kejuaraan pada peringkat 10 besar tingkat Kabupaten pada O2SN
v.Meraih 2 jenis kejuaran pada PSP tingkat Kabupaten
vi.Sebagai Finalis LPIR tingkat Nasional
vii.Kelulusan siswa mencapai 100%.
viii.Siswa yang melanjutkan ke jenjang lebih tinggi mencapai 90%.

D.Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
i.Kepala sekolah dan guru memiliki kemampuan berbahasa Inggris.
ii.Guru memiliki kompetensi tentang ICT.
iii.Guru memiliki kompetensi tentang PTK.
iv.Karyawan memiliki kompetensi tentang administrasi umum,
perpustakaan, laboran.

E.Standar Sarana dan Prasarana
Sekolah memiliki kualifikasi sarana pembelajaran sesuai dengan SNP.

F.Standar Pengelolaan
i.Sekolah mampu menyusun RKS dan RKAS.
ii.Sekolah memiliki pedoman semua kegiatan sekolah yang berstandar nasional.
iii.Sekolah mampu melaksanakan program pengawasan dan evaluasi.
iv.Sekolah memilki dokumen hasil program pengawasan dan evaluasi
v.Sekolah mampu melakukan analisis dan evaluasi hasil monitoring
vi.Sekolah memiliki dokumen hasil semua kegiatan yang dilaksanakan secara tertib

G.Standar Pembiayaan
i.Sekolah mampu mengelola dan melaporakan penggunaan dana keuangan sekolah.
ii.Sekolah mampu mengadakan kerjasama dengan komite dalam pembiayaan program kegiatan sekolah.

H. Standar Penilaian
Sekolah mampu mengembangkan dan menerapkan program penilaian guna meningkatkan kemampuan belajar peserta didik.

Leave a comment